MLM, disayang atau dibenci?

Posted by Admin - -

MLM menurut wikipedia: Multi level marketing adalah sistem penjualan dengan memanfaatkan konsumen langsung sebagai tenaga penyalur. Harga barang yang ditawarkan di tingkat konsumsi adalah harga produksi ditambah komisi yang menjadi hak konsumen karena secara tidak langsung telah membantu kelancaran distribusi. Seringkali ditemukan kerancuan antara MLM dengan money game. MLM pada hakikatnya adalah sistem distribusi barang. Banyaknya bonus didapat dari omzet penjualan yang didistribusikan melalui jaringannya. Hal ini sangat berbeda dengan money game. Bonus seringkali didapat dari perekrutan, bukan omzet penjualan.

Di Indonesia mlm sudah begitu banyak, dari kesekian banyak mlm hanya sedikit yang mampu bertahan sampai sekarang. Banyak orang yang sukses melalui jalur mlm, tetapi juga tidak sedikit yang gagal dalam menjalankan mlm. yang akhirnya anti terhadap mlm.

Kekuatan jaringan sangatlah luar biasa, disamping bisa menjalin silaturahmi, juga bisa menguatkan bisnis kita. Dan yang paling penting dalam bisnis jaringan adalah maju bersama. Karena semakin banyak relasi kita, paling tidak bisa mengangkat bisnis kita sendiri, itu tergantung dari masing-masing orang bagaimana cara memanfaatkan peluang yang ada. sebenarnya maju tidaknya dalam bisnis mlm tergantung dari masing-masing orangnya.

MLM tidak jauh beda dengan program affiliasi (affiliate program), kenapa program afiliasi tidak dianggap penipuan? dalam program afiliasi kita akan mendapatkan keuntungan apabila kita bisa mengajak orang untuk bergabung, atau menjual suatu produk, dengan sistem komisi.